Kegiatan Konsolidasi Nasional & Peluncuran Pilkada Serentak Tahun 2020

 

Ketua KPU RI, Bapak Arief Budiman Meresmikan Kegiatan Pilkada Serentak Tahun 2020 dalam Kegiatan Konsolidasi Nasional yang bertempat di JCC  Senayan ,Jakarta. 

Swara KPU Kobar – Anggota Komisioner dan Sekretaris KPU Kabupaten Kotawaringin Barat mengikuti kegiatan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) yang diselenggarakan oleh KPU RI tanggal 21 September s/d 24 September 2019 di Jakarta. Peserta dari Konsolnas ini Anggota KPU beserta Sekretaris KPU/ KIP Provinsi dan KPU Kab/Kota seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga sebagai penanda peluncuran dan kesiapan digelarnya Pilkada Serentak Tahun 2020.

Untuk teknis kegiatannya, para peserta dibagi sesuai divisinya dengan tempat yang berbeda, antara lain sebagai berikut :

  1. Divisi Perencanaan, data dan Informasi dengan tema yang dibahas “ pengelolaan daftar pemilih yang lebih baik di pemilu maupun pemilihan berikutnya “, sebagai narasumber Bapak Viryan (Anggota KPU RI divisi Perencanaan, data dan Informasi) dan Kabiro Perencanaan dan Data Bapak Sumariyandono yang bertempat di Hotel Ritz Carlton Jakarta.
  2. Divisi Hukum dan Pengawasan dengan tema yang dibahas “Antisipasi Potensi Masalah Hukum di Pemilihan 2020”,  sebagai narasumber Bapak Hasyim As’yari (Anggota KPU RI Divisi Hukum dan Pengawasan) yang bertempat di Hotel Grand Sahid Jakarta.
  3. Divisi SDM, Partisipasi Masyarakat dengan tema yang dibahas “Refleksi Kinerja untuk Mendapatkan Sesuatu yang Baru dan mendorong peningkatan SDM KPU” sebagai Narasumber Bapak Wahyu Setiawan ( Anggota KPU RI Divisi SDM dan Parmas), Bapak Ilham Saputra ( Anggota KPU RI) yang bertempat di Hotel Aston Grogol Jakarta.
  4. Divisi Teknis Penyelenggaraan dengan tema yang dibahas “Pembelajaran di Pemilu 2019 harus membuat Pemilihan Kepala Daerah 2020 lebih baik, lebih tertata, lebih tertib dan percaya diri”, sebagai Narasumber Ibu Evi Novida Ginting Manik ( Anggota KPU RI Divisi Teknis Penyelenggaraan), yang bertempat di Hotel Shangri-la Jakarta.
  5. Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga dengan tema “Leader Harus Punya Wawasan Jauh ke Depan “dengan Narasumber Bapak Arief Budiman ( Ketua KPU RI) dan Bapak Pramono Ubaid Tanthowi ( Anggota KPU RI) yang bertempat di Hotel Sultan Senayan Jakarta.
  6. Untuk Sekretaris KPU Provinsi dan Kab/Kota  dengan tema yang dibahas “Pengelolaan dan penataan arsip pasca pemilu, penatausahaan logistik pemilu, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Perencanaan dana Hibah, Kebutuhan sewa Gudang di seluruh satker, peningkatan intensitas bimbingan teknis dan target peserta Bimbingan Teknis (Bimtek)” yang bertempat di Hotel Mercury Jakarta.

Kemudian dalam acara puncak Konsolnas ini dihadiri oleh Mendagri, Ketua Bawaslu RI, Ketua DKPP, Asisten Operasi Kapolri, Ketua KPI, Sekjen Bappenas dan yang mewakili ketua KPK yang bertempat di Hall Jakarta Convention Center ( JCC) Jakarta. Dalam Puncak Acara Konsolnas ini KPU RI  memberikan penghargaan KPU Award dalam Pemilu 2019 kepada KPU Provinsi/Kab/Kota  yang berprestasi serta Tokoh – Tokoh dan Lembaga yang ikut mensukseskan Pemilu 2019. (ES)

Related posts

Leave a Comment